. Mar Inspiration: Review modem Bluelink BL-HD72A

Jumat, 06 Januari 2012

Review modem Bluelink BL-HD72A



















Pada postingan pertama saya kali ini, saya akan me-review modem Bluelink BL-HD72A. Dalam box set hanya tersedia manual book dan modem Bluelink. Modem berdesain USB stick ini menawarkan 2 fitur utama yaitu kecepatan HSDPA 7.2 Mbps dan slot microSD card sehingga modem ini dapat juga berfungsi sebagai card reader :)
















Modem ini mengklaim sanggup mencapai kecepatan hingga 7.2 Mbps, namun itu semua tergantung dari koneksi internet Anda jadi modem ini sangat cocok buat Anda yang memiliki akses internet berkecepatan tinggi. Saat menggunakan modem ini, saya sendiri hanya sanggup mencapai kecepatan maksimal 3,6 Mbps karena kecepatan koneksi internet HSDPA didaerah saya cuman sebatas itu.


















Pada awal menggunakan modem ini saya sering menemukan masalah yang sangat mengganggu yakni seringnya modem dalam modus NO SIM padahal simcard sudah terpasang dengan baik dan benar. Setelah saya telusuri, penyebab utama masalah tersebut adalah karena slot simcard yang kurang rapat sehingga saat memasukkan simcard kadang tidak terdeteksi namun semua itu dapat diatasi dengan cara mengganjal slot simcard, bisa memakai kertas atau yang lain. Terlepas dari permasalahan tersebut sekarang mari kita lanjutkan membahas soal performanya modem ini. Saat digunakan Bluelink BL-HD72A ini tergolong sangat cepat panas namun performanya dapat diandalkan sehingga meskipun overheat saya tetap bisa memakainya sampe berjam-jam tanpa masalah (saya tidak merekomendasikan Anda buat melakukan hal yang sama).

Dari sisi software, tampilan interfacenya sangat minimalis, seminim fitur yang ditawarkan, cuman tersedia fitur SMS.



















Dari spesifikasi lengkap yang saya peroleh dari situs resmi Bluelink tertulis bahwa mendukung fitur voice dan USSD tapi kenyataannya fitur tersebut tidak ada, jadi jangan berharap Anda dapat menelpon atau mengecek pulsa melalui software modem ini.

Sebagai penutup dapat saya katakan bahwa modem ini kurang bagus dibandingkan dengan modem sejenisnya namun performa modem ini cukup handal sehingga dapat cukup mumpuni untuk dipakai berjam-jam tapi yang sering sekali masalah NO SIM gara-gara slot simcard yang kurang rapat. Sekian review dari saya kali ini, semoga bermanfaat!


KELEBIHAN
• HSDPA 7.2 Mbps
• Slot MicroSD card
• Performa handal meskipun overheat
KEKURANGAN
• Slot simcard kurang rapat sehingga sering modus NO SIM
• Fitur software yang minim, tidak ada fitur voice & USSD
• Software driver cuman kompatibel dengan Windows XP, Windows 7 & Linux tidak kompatibel.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar