. Mar Inspiration: Membuat Live Windows 7 Portable USB

Minggu, 29 Januari 2012

Membuat Live Windows 7 Portable USB


Suatu hal yang perlu diketahui bahwa pada windows versi terbaru akan ada sebuah fasilitas untuk membuat sistem operasi microsof windows menjadi portable, yang disebut Portable Workspace Creator, daripada menunggu sampai windows 8 direlease ada baiknya kita mencoba membuat windows 7 portable dulu, perlu diketahui sebelumnya sebuah sistem operasi yang dapat berjalan secara live (tanpa harus diinstall) bukanlah sebuah hal baru karena sistem operasi GNU/Linux dimulai dari Knoppix dan kini Ubuntu dan beberapa distribusi GNU/Linux lainnya telah lama menggunakannya. Jadi dapat dikatakan fasilitas live operating system pada windows adalah karena menjadi pengekor sistem operasi GNU/Linux.

Portable Workspace Creator di Windows terbaru
 
Kembali ke judul , mari kita mulai membuat windows tujuh portable hehehe,
siapkan bahan-bahanya,beberapa harus didownload
  1. DVD Installer Windows 7 x86, 64 bajakan original retail apalah terserah
  2. Winbuilder >> Download  868KB 
  3. Project Winbuilder >>Download   87.98 Mb 
Catatan :  Link d atas itu formatnya rar.001, rar.002, itu hrs dijoin (gabungkan) pake HJSPLIT.

     4.  Virtual Machine Opsional (Untuk uji coba)

Disini saya akan menggunakan project winbuilder yang sudah siap pakai dan dapat langsung digunakan, Winbuilder sendiri ketika pertama kali dijalankan akan mendownload sekumpulan driver, pustaka dan aplikasi lainnya yang dibutuhkan untuk proses pembuatan windows 7 portable, dan pada beberapa kasus setelah selesai download, winbuilder tetap tidak bisa melanjutkan proses karena ada beberapa pustak yang kurang, karena itu untuk memastikan hasil yang akan saya jelaskan dan dipraktekkan mendapatkan hasil yang sama, maka saya akan menggunakan Project winbuilder yang telah siap teruji .

Berikut langkah-langkahnya,,, dan begini ceritanya

Langkah 1
Siapkan folder kerja, letakan semua file yang telah diddownload kedalam folder kerja yang telah disiapkan, dan  pastikan folder kerja yang disiapkan berada di harddisk/partisi yang memiliki ruang bebas sekitar miniman 3 GB, karena proses membutuhkan sedikit ruang kosong.
 
Langkah 1

Langkah 2
Ekstrak file yang sebelumnya telah didownlload ke folder kerja yang telah disiapkan, pilih opsi ekstrak disini (Ekstrac Here).
Langkah 2
Langkah 3
Jalankan Aplikasi winbuilder, masukkan DVD installer windows 7 atau kalau masih dalam bentuk image (iso) dapat menggunakan daemon atau program sejenisnya agar dapat diakses oleh windows menggunakan virtual drive.
 Penampilan Winbuilder

Perlu diketahui, disini saya tidak akan menjelaskan bagaimana cara mengcustomize Windows 7 portable atau menambahkan aplikasi tambahan kedalamnya, hehehe  mungkin akan saya jelaskan di lain kesempatan

Opsi Tools bisa digunakan untuk  Mengcustomize
Langkah 4
Tentukan drive tempat installer windows 7 berada, disamping kiri juga terdapat opsi yang dapat dipilih, seperti membuat menjadi iso, atau menampilkan opsi membakar ke cd setelah proses pembuatan iso selesai. bila tidak tahu apa yang harus dipilih, biarkan dan jangan lakukan perubahan pada konfigurasi standar.

Opsi standar Winbuilder

Langkah 5
Klik play untuk memulai proses, bisa ditinggal makan, minum, bernafas dan tidur , karena proses ini sendiri akan memakan waktu yang cukup lama.
Proses winbuilder
Proses Selesai
Ketika proses selesai, sebuah jendela dengan aplikasi yang siap untuk membakar akan muncul , untuk mengkonfirmasi apakah  image (iso) yang telah selesai dibuat ingin diburning ke CD atau tidak, jika ingin memburningnya ke CD langsung masukkan CD kosong dan bakar , untuk proses bakar CD gunakan opsi bakar dengan kecepatan 16X atau lebih rendah agar lebih awet dan tahan lama.

Aplikasi pembakar CD bawaan winbuilder

Proses pembakaran sendiri bisa dilakukan nanti, image yang telah selesai berada di direktori kerja yang telah disiapkan tadi di dalam folder bernama ISO.

Image ISO hasil winbuilder ready to use

Image ISO ini  juga bisa ditransfer ke USBFlashdisk atau di ujicoba menggunakan virtual machine. berikut penampakannya.

 Windows 7 Portable Berjalan pada Virtual Machine



Wndows 7 Portable yang dihasilkan dari winbuilder sendiri berukuran 300MB, dan dapat digunakan sebagai rescue disk seperti Hiren's Boot atau sejenisnya.
Akhir kata, Semoga dapat menambah sedikit pengetahuan kita bersama, 
sumber : http://habibmtk.blogspot.com/2011/11/cara-membuat-live-windows-7-portable.html

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar